Skip to content

Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah

21 Januari 2013

Surat Pembaca

Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah

Pembelajaran untuk menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah alhamdulillah hasilnya memuaskan. Metode yang saya gunakan dalam pembelajaran adalah metode wisata. Metode wisata yang saya maksud di sini, anak anak pergi  ke luar kelas untuk mengamati lingkungan yang ada di sekolah.

Para siswa sebelum pergi ke wisata, saya bagi menjadi beberapa kelompok. Beberpa kelompok itu beragam latarbelakang karakter dan kemampuan. Setelah beres membagi kelompok dan tidak ada yang protes atas pembagian kelompok mereka. Yaps mereka pun pergi sesuai dengan daerah wisata yang dituju. Ada yang pergi ke wisata parkir siswa, wisata parkir guru, wisata kamar mandi siswa, wisata ruang perpus, dan wisata  koperasi siswa.

Oh ya, meski pergi ke daerah wisata secara berkelompok untuk membuat surat pembaca secara pribadi. Hal ini saya lakukan untuk menghindari siswa yang malas menulis. Adapun hal-hal pokok yang akan di tulis dalam surat pembaca boleh sama setelah melalui proses diskusi kelompok. Dan inilah hasil tulisan mereka.

Tempat Parkir yang Tidak Layak

Di Mts Maahid Kudus harus memiliki fasilitas standar agar seperti sekolah yang berstandar internasional lainnya. Kira-Kira kapan ya, bisa tercapai? Itulah tugas bagi pengurus yayasan MTs Maahid Kudus.

MTs Maahid sudah berdiri sekitar 76 tahun namun berbagai masalah belum dapat terselesaikan. Terutama tempat parkir yang sedang kami amati.

Sekolah kita sudah menyediakan tempat parkir bagi sepeda maupun motor, masalahnya untuk tempat parkir sepeda motor tidak ada atapnya, seperti seng atau genting. Sehingga apabila musim hujan atau panas motor akan cepat rusak dan akan merugikan siswa it sendiri.

Untuk itu sekolah harus menyediakan atap bagi motor agar  motor tidak cepat rusak.

Afan Ghofar Fuadi

Kelas IX c

Pembelajaran pada surat pembaca seharusnya kelah bila kita sebagai manusia dewasa dapat kita gunakan dalam hidup sehari-hari. Ketika kita menemui hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan publik yang tidak memuaskan dapat kita mengutarakan dengan menulis surat pembaca. Tanpa harus melakukan tindakan anarkis yang merugikan kita sendiri sebagai anggota masyarakat.

Utarakan saja uneg-uneg Anda dalam bentuk surat pembaca. Bagaimanakah menulis surat pembaca? Mulailah dengan bagian latar belakang masalah kemudian uraikan masalah yang Anda hadapi pada bagian isi. Lalu tutuplah surat pembaca Anda dengan saran yang Anda inginkan dari masalah yang Anda hadapi.

 

About these ads

From → pembelajaranku

21 Komentar
  1. Wah guru yang ngajar kreatif banget ini. Kalau saja guru BI-ku dulu juga sperti ini..hehehe..Anak2 dilatih melihat yang biasa dari kacamata turis..Benaran imajinasi mereka pasti jauh lebih terangsang Mbak Min :)

  2. pemelajaran diluar kelas lebih menyenangkan dan lebih mengena, perlu dikembangakan juga bagi guru yang lainnya. paling tidak untuk menghindari rasa bosan ketika di dalam ruangan.

  3. Pembelajaran seperti itu juga bisa diterapkan untuk pelajaran lain juga Mbak Misalnya untuk pelajaran Matematika seperti postinganku yg berjudul :http://lieshadie.wordpress.com/2012/12/01/masih-tentang-sulungku/

  4. Bagus sekali, sejak dini sudah diajarkan untuk menyampaikan pendapat dengan kaidah yang baik pula, mulai dari penyampaian latar belakang, uraian masalah, dan seterusnya hingga usulan solusi.

  5. mungkin perlu dibuatkan lomba bikin surat pembaca bu
    anak anak jadi ngerti bikin surat yang baik
    sekolah pun jadi banyak masukan…

  6. Anak saya sebulan sekali juga ada outing bu. Belajar diluar sekolah. Anak2 diajarkan mengobsevasi sesuatu secara menyenangkan

  7. Wah… guru canggih, muridnya pasti jadi super canggih

  8. semoga para guru yang lainya meniru hal baik ini….

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mintarsih….

    Alhamdulilah, jika anak-anak sudah dibiasakan dengan membuat penelitian kepada masalah dalam lingkungan mereka, tentu mereka akan perihatin terhadap lingkungan masyarakat dan fasilitas yang disediakan. Selain itu, mengajar mereka menghargai apa yang menjadi hak bersama.

    Kaedah wisata memang menarik dilakukan sekali sekala agar tidak bosan jika pembelajarannya hanya berada di dalam bilik darjah (kelas) sahaja. Salut mbak, telah membuka pemikiran yang hebat di kalangan pelajar. Terlihat dalam surat pembaca oleh Afan Ghofar di atas.

    Guru sebenar guru: ke sekolah tidak jemu, mengajar tidak lesu.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. :D

  10. murid smp begitu ada nggak mbak min yg nulis surat cinta ke gurunya? kali aja ada yg rada bandelan nulisnya hehe….

  11. Bagus ya mbak ide dgn menulis surat pembaca

  12. Catet —> Utarakan saja uneg-uneg Anda dalam bentuk surat pembaca. Bagaimanakah menulis surat pembaca? Mulailah dengan bagian latar belakang masalah kemudian uraikan masalah yang Anda hadapi pada bagian isi. Lalu tutuplah surat pembaca Anda dengan saran yang Anda inginkan dari masalah yang Anda hadapi.

    • dadap224 permalink

      itu sangat bagus untuk melatih kita untuk maju dan berprestasi?

  13. nismawati permalink

    .asyik ni siswa smp 3 libureng makin Kreatif !

  14. SELucu*YKS Lbh lucu* anK MTs NU OTRIT,
    Wk.wk NU YOumEn :)

  15. c. fariz j permalink

    asyik2 joz.,, makin bnyak anak yg kreatif ,donk

  16. nanda novera permalink

    wah..hebat ! mables2

Trackbacks & Pingbacks

  1. CT150. CABARAN HAJI (10): AURAT WANITA « LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2
  2. ala comel-comel «

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 82 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: