Skip to content

Berteman dengan Kutu Buku, Biarlah

2 Oktober 2012

Manusia mempunyai sisi gelap. Sisi gelap yang saya maksud adalah sifat negatif yang lumayan mendominan pada diri kita dibandingkan sifat lainnya. Sisi gelap saya orangnya melankolis. Paling tidak tahan bila menghadapi perpisahan. Sulit menghilangkan kenangan-kenangan yang pernah saya alami pada kotak memori. Dengan perpisahan maka terhenti lah aktivitas bersamanya. Payahnya lagi ketika berpisah saya sulit mengeluarkan air mata, sepertinya tidak masalah saja. Padahal betapa hatinya riah-riuh menahan sakit atas perpisahan.

Lebih-lebih bila saya menghadapi perpisahan akibat kematian. Susahnya bukan kepalang mengenyahkan sedih. Meskipun orang itu hanya saya kenal sekilas paling tidak wajahnya sudah mampir di kotak memori saya. Oleh karena itu, waktu kecil begitu susahnya menerima berita kematian yang disiarkan lewat pengeras suara dari surau atau masjid. Bukan-bukan karena sikap penakut saya, melainkan saya sulit menghilangkan wajah mereka. Setiap langkah selalu terbayang wajah dan aktivitas yang mereka jalani. Hal ini yang menjadikan saya melo

Belajar dari sisi gelap inilah saya mencari teman sejati saya. Dialah buku. Buku teman yang tidak membuatku melankolis. Saat-saat saya rindu, sedih, bahagia suatu-waktu saya mudah menjumpainya. Dan membaca adalah obat mujarab mengatasi sisi gelap saya.

From → kataku

32 Komentar
  1. Orang yang hebat adalah orang yang berhasil menguasai dirinya, ia ibarat pahlawan yang memenangkan sebuah kota. Mengetahui kelemahan diri dan berusaha menguasai adalah suatu kemajuan yang luar biasa, tak semua orang mau berbuat seperti itu. Setiap manusia normal pasti memiliki sisi gelap, namanya juga manusia😀

    Btw saya juga orang dengan tipe Kolerik-Melankolis, susah melupakan orang tercinta. Kalau meninggal sih masih mending karena saya merasa itu sudah suratan takdir. Tapi kalau ditinggalkan dengan cara yang tidak enak, susah menghilangkannya. Soal susah mengeluarkan air mata saat berpisah, saya banget tuh. Tapi sekalinya nangis bisa jadi-jadian. Ditinggal pacar yang pindah ke luar kota saja saya berasa lumpuh seharian, tak ada hasrat untuk makan dan ngapa-ngapai, kesannya lebay😛

    Oh ya, saya ada buku bagus tuh, judulnya Chicken Soup for the Romantic Soul. Bisa bikin ketawa sekaligus nangis tuh buku🙂

    Salam kenal ya

  2. Perpisahan memang selalu sedih Bu. Inget setiap kali acara perpisahan kelas, angkatan, kantor ato apapun saya jadi yang paling bombay nangisnya. Tapi setelah itu ya sudah. Memorinya saya simpen jadi kenangan indah.🙂

  3. waw.. baru sekilas saja sampai sebegitunya ya bu, apalagi kalau dah ketemu lama, tapi aku salut ma ibu, setiap ada masalah larinya ke teman sejati. kalau menurut aku teman sejati itu kehadirannya bisa membuat kehangatan, bisa menjaga rahasia dan selalu menyertakan dalam doa doanya. dulu istri ku juga paling suka baca buku dikala ada masalah, tapi sekarang karena sudah ada internet jadi ya lebih banyak menggenggam dunia,di hpnya meski juga masih baca buku , jadi punya dua teman buku dan hp

  4. Berita kematian memang selalu menggetarkan. Saya juga sama Mbak Min, buku teman setia yang asik apapun suasana hati kita.🙂

  5. sepakat Bu.., karena saya juga lebih suka membaca.:mrgreen:

    Namun celakanya, kalau saya sudah asik kadang kelewatan tidak memperdulikan waktu, bahkan dipanggil dari luar kamarpun gak dengar (karena telinga disumbat handset)..😆

  6. perpisahan emang menyedihkan mbak Min,,,, jadi inget sama mereka orang yang telah kembali kepadaNya….

  7. kalau asyik dengan buku bisa lupa semuanya ya … tentu jadi meringankan

  8. Melow nya sama, suka baca bukunya sama juga…dan ‘gak bisa mendengarkan’ pengumuman orang meninggal di surau sampai sekarangpun masih sama ketika aku masih kecil dulu…

    tApi mungkin yang gak sama nih, kalo udah baca buku lupa segalanya Mbak….dulu Mamaku suka sebal sekali, ketika aku udah pasang buku di tangan !!! Hehehe

  9. sebuah buku mmg dpt mmbrkan energi positif buat kita..

  10. buku adalah guru yang gak menggurui ya Bun

  11. bisa mengenali sisi gelap dan menemukan cara mengatasinya itu luar biasa …😀

  12. Sip Teruslah Membaca…..

  13. Danni Moring permalink

    kalau saya, ketika merasa kehilangan obatnya mmhh… apa aja bu hehe..tp yang positif..meskipun saya suka ngeblog, kadang saat saya mau nulis, sisi batin saya bilang “nulis sekarang ga mengubah apapun”..jadi saya mencari alternatif lain..begitu juga misalnya apa saja..ketika batin merasa bukan disitu tempat menghilangkan rasa kehilangan atau sepi atau sisi gelap saya datang..saya akan mencari yang pas..hehehehe

  14. setuju banget mbak🙂

  15. Membaca tulisan ini, seperti menceritakan diri saya, ternyata dalam hal ini kita mirip mbak🙂

Tinggalkan Balasan

