Skip to content

IMPROVISASI

26 Oktober 2012

IMPROVISASI

Improvisasi boleh dilakukan oleh pemain drama. Bahkan improvisasi sangat perlu dihadirkan oleh pemain drama bila mereka mendadak lupa apa yang harus diucapkan atau dilakukan di atas panggung. Sangat lucu bila sang aktor , memaksa diri harus mengucapkan kalimat yang sama persis pada teks sememntara ia lupa. Tidak mengapa ia harus mengucapkan kalimat yang tidak sama persis pada teks asal masih nyambung dengan jalan cerita.

Gara-gara improvisasi juga tokoh pelawak (almarhum), subur yang benar-benar kena serangan jantung ketika di atas panggung semakin membuat greget tawa penonton membumbung. Teman nya pun tidak tahu kalau Subur tidak sedang berimprovisasi, melainkan terkena serangan jantung. Betapa memang improvisasi sangat dibutuhkan dalam bermain peran. Dengan berimprovisasi peran kelihatan natural, menyenangkan.

Sesungguhnya kita pun hidup layaknya di atas panggung. Sedang bermain peran. Seperti yang disyairkan oleh Ahmad Akbar, β€œ Dunia ini panggung sandiwara. Ceritanya mudah berubah.”

Apa pun peran yang kita mainkan, kita butuh improvisasi. Sangatlah lucu bila kita ngotot harus konsinten sesuai skenario bila salah satu tokoh sedang improvisasi. Akan terlihat kaku peran yang kita mainkan. Contoh saja guru dalam mengajar, ia sudah menyiapkan skenario pembelajaran. Setiap tahapan-tahapan peristiwa pembelajaran sudah diatur sedemikian rupa. Tiba-tiba dalam pelaksanaan pembelajaran siswa menanggapi pembelajaran dengan kalimat-kalimat nyelenehnya pas guru baru menjelaskan konsep baru. Apakah kita tidak menanggapi? Cuek saja? Dilanjutkan saja menjelaskan pelajaran? Bagaimanakah menurut Anda.

Ya, improvisasi kehadirannya sangat dinantikan pada setiap peristiwa. Ia hadir untuk memecahkan rasa manusiawi kita. Perasaan bosan. Manusia punya rasa bosan bila peristiwa yang dilalui dengan lurus-lurus saja. Namun tetap perlu diingat dalam improvisasi, jangan keluar naskah/skenario permainan. improvisasilah selama masih dalam konteks permainan. Jadi jangan asal nyolot.

 

From → coretanku

16 Komentar
  1. setuju banget bu butuh improvisasi dalam segala hat, biar tidak bosen

  2. Fleksibilitas kita sebagai manusia dilihat dari kemampuan kita melakukan improvisasi dalam setiap kejadian ya Bu.πŸ˜€

  3. Improvisasi berkelanjutan menuju ke lebih baik nggih Jeng. Terima kasih jeng sharingnya.Salam

  4. sangat setuju mbak…..

  5. asik tuh klo ketemu sm orang yg suka improv ya mbak min….πŸ™‚

  6. Yang jelas harus bisa menempatkan diri di manapun kita berada ya Mbak..

    • betul mbak lies improvisasi perlu asal sesuai konteks. rapat tegang bolehlah berimprovisasi asal gak keluar dari pembicaraan. he hejangan asal nyeblos ya

  7. yang penting benang merahnya dapat ya Mbak.. #halah apa itu benang merah..πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: