Skip to content

Tunjukkan Merahmu

31 Oktober 2012

Merah. Kata merah sering digunakan orang untuk menyatakan sikap berani. Bangsa Indonesia berani melawan penjajah dan berhasil merebut kemerdekaan, mereka memproklamirkan dengan mengerek warna merah pada posisi di atas. Tidak ketinggalan pula iklan rokok mengangkat warna merah sebagai jargon berani. Berani menentang akibat negatif bila mereka menkonsumsinya. mereka berani menulis dan berani melanggar. Merokok dapat menimbulkan serangan jantung, impoten, menggugurkan kandungan bla-bla, bla. Enjoi saja batang diisap-isap.

Warna merah ini memang unig, tidak saja digunakan sebagai simbol berani tetapi juga berhenti. Namun masih mengandung kata berani secara tersirat. Lampu di perempatan jalan kok berani melawan pasti benjot, kalau tidak ditoyor orang ya monyong mobil. Pun istri kok tanggal merah berani melawannya tanggung akibatnya sendiri. Sudah dibilang “ baru tanggal merah” sama bune masih saja buru-buru pingin pulang saja bawaannya. Ya sah-sah saja kalau baru keluar pintu masuk lagi hanya pingin nyomot tempe lagi gara-gara kepedesen sambal ABC (wiuh malah ngiklan makne ki). Tapi kalau berbelok niat tanggung sendiri Anda akan  manyun.

Akan tetapi warna merah akan berganti menjadi romantis, bila kau sodorkan mawar merah. Tiba-tiba saja pipi jadi merah karena baru pertama kali dapat setangkai warna merah. Ku kira semua orang hampir suka mawar merah. Guruku SD dulu sampai-sampai lupa memetik mawar merah  tanpa izin. Mencium-ciumnya sampai lupa daratan kalau ia dilihat muridnya yang keheranan, “kok bisa ya?” Tetapi guru dan murid mendadak jadi marah. Kalau siswanya menjawab soal dengan tinta merah. Sebaliknya siswapun jadi marah di dalam hati gara-gara orang tua pun marah mendapati raportnya ditulis juga pakai tinta merah.

Merah ya merah memang satu warna banyak makna, maka tidak ketinggalan  novel ini jadi terkenal gara-gara pakai judul, “ Merahnya merah”. Anda pun bisa jadi terkenal gara-gara mau marah  di depan siswa pakai dulu warna merah yang sangat merah di bibir dan di pipi. Gara-gara ngikuti pendapat bahwa guru harus belajar tentang fasenshow.

Dan merah akan berubah makna bila suku kata depan diulang. Alhasil mejadi kata memerah. Gara-garah anak suka memerah susu siang dan malam untuk diberikan  kepada Ibunya. Ibunya dulu juga siang dan malam memerah susunnya buatnya, dengan penuh harapan jadi anak yang berbakti. Dan  Terbukti sudah anaknya bisa berbakti karena memang ia bukan anak sapi. He he jadi  ia tidak salah birulwalidain.

Dan terakhir para bunda jangan salah memerah-merah susu buat sang buah hati ya, biar kelak buah hati kita tidak dapat titisan sifat jelek sapi yang suka bilang , “mmmoooh ( terjemahannya tidak mau, he he bukankah lenguhan khas sang sapi begitu?). Juga marah –marah seperti marahnya banteng  ketaton yang dikibas-kibasi warna merah oleh matador.

From → coretanku

29 Komentar
  1. banyak yang suka warna merah, tapi tiidak sedikit yang ciut nyalinya ketika melihat orang yang sedang merah telingnya ( alias lgi marah) bu.

  2. Hihihi…ternyata Mbak Min sense of humornya tinggi juga yaaa….. # awas jangan bikin aku termerah – merah yaa hahaha ( senyum trus dari awal sampe akhir postingan )

  3. aku dulu suka ngirimi suamiku surat mbak waktu msh LDR , di dalamnya ada setangkai mawar merah plastik kubeli dari matahari hihihihihi … kalau kami buka sekarang kotak kenangan dan melihat banyak mawar mawar merah plastik itu kami jadi senyum senyum sendiri😛

  4. merah juga bisa berarti negatif ya mb….didunia pendidikan (raport merah)😆

  5. wah mbanya bener banget.. dan Merah adalah salah satu warna favorite saya mbak, Merah-Hitam😀 Merah juga memicu rasa percaya diri🙂

  6. merah bisa manis bisa juga pedes….

  7. Banyak makna untuk mengungkap warna. Yang jelas, makna itu muncul karena adanya situasi tertentu dan bagaimana perasaan kita.

    Tulisan yang menarik, salam kenal…

  8. apalagi di tempatku belajar sekarang, banyak sekali ornamen warna merah😀

  9. Satu kata bisa bermakna banyak yah, pendalaman yang menarik terhadap makna suatu kata…🙂

  10. Merah…meriah euuy..

  11. darah itu merah jendral!

  12. merah bisa marah bisa juga berani bisa malu bisa bisaaaa…. buanyakkkk dahhh🙂

  13. kebetulan merah warra favorit saya juga..🙂
    cara nyambunginnya lucu Bu. hihihi..

  14. hehee…
    nyaman bacanya Mbak….

    hadeeew. merah memang banyak makna ya Mbak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: