Skip to content

Tips Mengetahui Usia Telur

14 Maret 2013

Salah satu hal yang menyenangkan pada masa kecil itu mencari telur ayam. Waktu itu ayam tetangga paling suka bertelur di rerimbunan pohon bambu atau bertelur di jegongan tempat pembuangan sampah. Hi hi seperti menjadi kesepakatan umum bila ayam bertelur di sembarang tempat adalah milik si penemu. Jadi begitu kami, anak-anak menemukan telur di rerimbunan bambu atau di semak- semak kebonan/pekarangan rumah yang tak terurus adalah milik kami. Huah pantaslah kami berpesta.

Nah, begitu kami menemukan telur ayam sebanyak delapan butir sampai dua belas butir cepat-cepat kami nglimbang/mencelupkan telur ke dalam air untuk mengetahui apakah telurnya sudah tua atau masih muda. Tidak enak, bukan kalau ternyata telur yang kita dapat itu karena di buang oleh pemiliknya, he he karena telur itu bungkel, tidak bisa menetas. Barulah kalau telurnya masih muda ramai-ramai kami rebus.

Bagaimana sih tipsnya untuk mengetahui usia telur itu. Ini dia detailnya: Bila telur kita celupkan ke dalam air tenggelam pada sisinya berarti telur masih baru, bila agak berdiri berarti telurnya sudah berusia 3 hari. Dan bila berdiri tegak berarti usia telur sudah berusia 10 hari.

Oke, teman semoga bermanfaat tips yang saya berikan . Punyakah pengalaman kala mau buat ceplok telur weh, ternyata telurnya sudah tua atau bahkan sudah busuk.

From → coretanku, kataku

16 Komentar
  1. oowwh. saya baru tau ini mbak mint.. okelaah semoga saya menemukan telur itu #lhooo?:mrgreen:

  2. bu min pengamat telur ya.?

  3. kalau ke warung sambi bawa seciduk air utk nge tes telur yg akan kt beli kira-kira gmn ya reaksi penjualnya? hihi.. habisnya sering mangkel klo beli telur dpt yang dah ‘lawas’😦

  4. inget waktu sekolah SD ada pelajara yang ngebahas telur…..
    saya cuma ingat bagian “klu telurnya tenggelam berarti masih enak di masak,, klu sudah mengapung berarti sudah busuk”

  5. Mantap tipsnya,gak payah tuh untuk dicoba…

  6. okelah mbak Min….. makasi tipsnya…

  7. yang agak berdiri sama yang berdiri tu gimana ya…,ada gambarnya ga tentang telur yang masih baru atau udah lama…,? #makin penasaran.

  8. Ingat lagi sekarang, waktu kecil aku kuga sering cari telur Mbak Min. Seringnya di sawah krn bebek sering meninggalkan telurnya disana

  9. sudah beberapa kali praktek dgn tips ini mbak🙂

  10. Wah baru tahu ada teknik begini. Terimakasih sudah share di sini, Mbak.

  11. bapak saya dulu ternak ayam Bu Mint. dan beliau pake trik yang sama untuk mengetahui kondisi telur. seru ya Bu masa kecilnya. hehehe

  12. wah, baru tahu tips ini … tfs ..
    Salam

  13. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mintarsih…

    Alhamdulillah, saya baru tahu cara mengetahui usia telur ini.
    Saya sering memasak telur busuk malah pecah dalam air yang ditanah.
    Seleaps ini, akan dilakukan tips dari mbak sebelum merebus telur. Tips yang memanfaat.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.😀

  14. tips sederhana yg sangat berguna …

  15. dulu ada teorinya di pelajaran IPA tapi nggak sampai sedetil ini penjelasannya, apalagi sampai umur-umurnya🙂
    thanks for sharing…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: