Skip to content

Portofolio Kakak Kelas Oke Buat Apersepsi pembelajaran

18 Juni 2013

Pembelajaran menulis poster dan slogan dengan memberi contoh dari hasil portofolio kakak kelas ternyata cukup membuat motivasi adik kelas. Kelas menjadi segar dan para siswa begitu antusias membaca poster dan slogan yang dibuat oleh kakak kelas mereka. Apalagi tak dinyana ada slogan yang nakal dan nyleneh yang lolos sensor dari saya karena sudah satu tahun saya simpan.

Slogan yang membuat gerr kelas itu berbunyi, “ Merekok Mati. Tidak Merokok Mati. Merekok sampai Mati” waduh dalam hati saya kaget. Ini kenapa bisa saya loloskan? Waduh ini gurunya teledor amat. Kenapa dulu tidak saya buang? Ingatanku melayak satu tahun yang lalu dan teirngat kelompok anak-anak yang membuat slogan memang badung-badung.

Ya, untuk menutupi rasa kaget saya sekalian nyemplung buat intermeso sekalian dengan membahas sedikit slogan “nakal” tersebut. Bahwa kenyataannya kita itu pada akhirnya akan mati. Nah dalam rentang menuju mati kita mau mengisi dengan kesengsaraan akibat rokok atau tidak itu pilihan kita. Intermeso ini saya tutup dengan permintaan, “ jangan ditiru ya membuat slogan nakal ini.”

Dari contoh-contoh slogan dan poster yang saya perlihatkan kepada mereka, mereka saya minta untuk menebak mana yang termasuk poster dan slogan sebagai bagian apersepsi dalam pembelajaran. Hasilnyat tebakkan mereka ada yang salah ada yang benar. Tidak mengapa karena ini adalah bagian apersepsi.

Setelah apesepsi barulah para siswa saya minta untuk membaca rujukan tentang poster dan slogan. Dan sekali lagi saya ulang memperlihatkan lagi contoh-contoh poster dan slogan. Alhamdulillah hasilnya sudah benar semua.

Barulah kami bersama-sama menyimpulkan apa itu poster dan slogan.

Ini dia hasilnya:

Poster

  • Poster itu plakat yang dipasang di tempat-tempat umum
  • Isi poster tentang iklan atau pengumuman maka ada poster:

            @ poster kegiatan

            @ poster pengumuman

            @ poster niaga

            @ poster layanan masyarakat

            @ poster pendidikan

  • Poster lebih menonjolkan gambar

Slogan

  • Slogan bisa juga dipasang di tempat umum juga bisa dipasang di lokasi gedung organisasi yang membuat slogan.
  • Slogan itu kalimat singkat, menarik dan mudah diingat
  • Slogan berisi tentang visi suatu organisasi yang menimbulkan semangat bagi yang membacanya
  • Menonjolkan kalimat

Dari beberapa kriteria inilah hal pokok yang membedakan antara poster dan slogan adalah mengenai isinya. Jika poster berisi tentang antara lain kegiiatan, pengumuman, niaga, layanan masyarakat. Sementara slogan berisi semboyan hidup dari penjabaran visi suatu organisasi.

Setelah mereka bisa membedakan poster dan slogan barulah saya membagi kelas menjadi berberapa kelompok. Untuk pembagian kelas putri saya serahkan kepada mereka. Namun untuk kelas laki-laki saya yang ngatur dan sengaja anak yang rajin saya kumpulkan jadi satu dan anak yang ogah-ogahan alias malas saya kelompok jadi satu untuk menghindari sifat ketergantungan anak yang malas kepada anak yang rajin. He he strategi saya berhasil dari enam kelompok dalam kelas semua dapat membuat dengan hasil yang baik. Ini dia beberapa hasil poster yang mereka buat.

 061513095506151309590615130956

From → pembelajaranku

15 Komentar
  1. kreatif juga ya mbak murid muridnya. Strateginya memisahkan murid rajin dan yg ogah ogahan boleh juga tuh🙂

  2. *acung tangan :
    itu beneran gambaran anak muridnya bu?🙂

    • iya pak siswa kelas delapan/ kelas 2 smp. yang membuat kelompok siswa laki laki. sampai tiga kali pertemuan. ketika belum selesai saya tarik kembali untuk dilanjutkan pada pertemuan yang akan datang.

      begitu juga kalau pas kompetensi menulis karya tulis sederhana juga butuh waktu lama meski di silabus waktunya tidak segitu.

  3. Wah, kalo sdh besar bisa jd tukang desain banner atau baliho untuk kampanye nich,, heheee
    sippp

  4. Wah.., kreatif banget neh kalo menurut aku..🙂

  5. Murid kreatif pasti lahir dari Bu Guru yang lebih kreatif kan Mbak Min ?🙂

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mintarsih….

    Alhamdulillah, anak-anak jika diajar cara yang benar akan menghasilkan satu kreativiti dan inovasi yang hebat. Hasil yang dipaparkan dia atas mengkagumkan pada grafik dan tulisan. Apapun yang dihasilkan anak murid, hendaklah dihargai sebagi usaha melonjak keinginan mereka dalam menghasilkan idea hebat.

    Selamat mbak atas kerajinan pelajar mbak dan tentunya atas semangat gurunya yang dedikasi.
    Salam manis selalu dari Sarikei, Sarawak.😀

  7. Sugeng Enjing mbak Min, apa kabar ? lama juga ya belum ada cerita baru *ngarep*😛

  8. kreatif ya mba.
    ini dalam rangka apa ya mba bikin poster kayak gini?

    • dalam rangka pembelajaran bhs indonesia kelas 2 smp dg kompetensi dasar menulis slogan dan poster Ryan.

      • Ooo. Keren mba. Dulu gak ada yang gini pas sekolah. Hanya mengarang.

Tinggalkan Balasan

