Skip to content

Romansa Keluarga

27 Februari 2014

Cinta. Itu masalah hati. Dan bukan wilayah kita untuk mengendalikan hati orang lain. Hati kita saja sulit kita kendalikan tanpa bantuan Pemilik hati, Allah. Maka sangatlah konyol kalau kita memaksa agar orang- orang di sekeliling kita menyukai bahkan mencintai kita.

Meskipun saya paham betul tentang masalah ini.Saya tak bisa memaksa orang lain suka kepada saya. Namun kalau saya masuk pusaran cinta kusut masai orang lain. Aku ditarik oleh mereka kemudian mereka berbalik membenciku. Itu yang aku anggap sebuah kekonyolan.

Hubungan orang dewasa , rumah tangga terkadang sangat rumit ketika berhadapan dengan masalah cinta. Siang bertengkar hebat, eh malamnya  mereka sudah berha hi hi.Maka inilah yang ingin saya katakan jika saudara atau orang terdekat Anda rumah tangganya terlibat konflik asmara dan Anda diminta terlibat menyelesaikan hubungan rumit mereka. Berhati-hatilah. Terkadang api akan menyerempet Anda. Semula orang yang Anda dukung akan bersebrangan dengan Anda. Ah Cinta kadang konyol. Kata orang jawa pagi kedelai malam jadi tempe. He he pagi benci setengah mati, malam malam aduhai cinta mabuk kepayang dan Anda jadi mlongo, pagi Anda bela-belain untuk memenuhi permintaanya menyelesaikan masalahnya, eh begitu cinta kembali terpagut anda kenah getahnya. Si dia berbalik tidak suka kepada Anda karena ketika itu Anda bersebrangan dengan pasangannya . Konyol gak tuh!

From → coretanku, kataku, nasihat

14 Komentar
  1. Ada filsafat Jawa yang benar-benar kudu “dipatuhi”, yaitu:
    “Ati-ati, ojo cedak kebo gupak”

    • wah baru kali ini saya thu ada ungkapan itu, penjabarannya bagaina ak iwan?

      • Kalimat “ ojo cedak kebo gupak” dapat dipenggal menjadi dua bagian.
        Pertama, ojo cedak merupakan larangan atau ajakan untuk menjahui.
        Kedua, kebo gupak, kebo merupakan binatang yang sering digunakan oleh orang Jawa untuk mendeskripsikan orang yang bermasalah. Sedangkan gupak diartikan badannya penuh dengan kotoran.
        Kalau digabung bisa diartikan sebagai ajakan untuk menjauhi pergaulan dengan orang yang bermasalah dan kotor (atau mempunyai kepribadian atau watak yang buruk).
        Nah, mendekat saja dilarang, sebab masalah yang dibawanya itu akan menular kepada diri kita. Hal yang terbaik adalah cukup menjadi pendengar yang baik saja, jangan sampai tertipu oleh curhatan yang hanya dari satu sisi, padahal untuk bisa menyelesaikan masalah harus both side cover, melihat dari dua sisi. Untuk bisa both side cover dalam rumah tangga orang lain itu beresiko besar, sebab pelan-pelan akan menyeret kita ke dalam lingkarannya.

  2. Ini juga berlaku untuk pergaulan di kantor Bu. Hehehe. Karena ada orang yang begitu ingin disukai tapi jadinya malah memaksa dan membuat orang tidak nyaman.

    • betul, Dan bahwa dalam pergaulan di mana pun kita hanya bisa berakhlak yang baik. perkara orang suka dan tidak itu bukn wilayah kita.

  3. wah makasih pak atas penjelasan yang komplit, dari ini kita harus berhati hati ya pak.

    sungguh pembelajaran yang sangat berarti dan bermanfaat.

  4. begitulah cinta yang katanya kadang tak ada logika

    eh malah nyanyi😀

  5. Tanpa dipaksa pun aku tetap mencintaimu ( istriku ), memang rumit bila bicara masalah cinta pasti ada ada saja ..

  6. Assalaamu’alaikum wrt.wb, mbak Mintarsih….

    Cinta itu walau apapun orang mendefinisinya, tetap manis, indah dan asyik saat dikenang masa suka. Sebaliknya menjadi benci, buruk dan menyesal saat dikenang masa duka. Ternyata cinta tidak buta ya. malah membuat kita membuka mata akan makna cinta yang beragam gaya. Manusia sahaja yang selalu dipermainkan cinta.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.😀

    • wa alaikumussalam wr. wb
      mbak fat, maaf nih baru bisa balas salam manisnya.
      betul mbak fat cinta ternyata tidak buta, hanya saja kalau manusia sudah dipermainkan cinta itulah yang menimbulkan banyak masalah, seperti kisah anak adam “qabi dan habil”

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mintarsih…

    Lama sekali tidak menulis ya mbak. Terima kasih diucapkan kerana mbak sudi menerima award (2) LIEBSTER AWARD dari saya. Mudahan silaturahmi akan selalu terjalin selamanya. Kangen sama mbak di sana.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: